Halaman

29.4.19

#AyoHijrah Menjadi Lebih Baik Bersama Bank Muamalat Indonesia

Sumber : Twitter Bank Muamalat

Fenomena Hijrah
Dulu, aku mendengar kata hijrah hanya saat membaca kisah Nabi Muhammad Salallahu'alaihi wasallam ketika beliau mulai berdakwah secara terang-terangan dan diperintahkan oleh Allah Subhanahuwata'ala untuk keluar dari kota Mekah yang sudah tidak aman menuju kota Madinah.
Tapi sekarang, kata hijrah menjadi sangat sering terdengar, berkaitan dengan perubahan gaya hidup seseorang dari yang sebelumnya kurang baik menuju gaya hidup yang lebih sesuai dengan aturan agama Islam.

Sebetulnya apa arti kata hijrah?
Menurut KBBI, pengertian hijrah adalah sebagai berikut :
hij·rah 1 n perpindahan Nabi Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dari Mekah ke Medinah untuk menyelamatkan diri dan sebagainya dari tekanan kaum kafir Quraisy, Mekah; 2 v berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih baik dengan alasan tertentu (keselamatan, kebaikan, dan sebagainya);

Sumber : Instagram @indonesiabertauhidofficial


Dalam kaitannya dengan fenomena hijrah saat ini, sepertinya sesuai dengan pengertian hijrah dalam kata kerja menurut KBBI, hanya saja menurutku sebaiknya hijrahnya gaya hidup seseorang itu tidak bersifat sementara, tetapi terus menjadi lebih baik setiap harinya.


Cerita Hijrahku
Aku pribadi juga punya pengalaman tentang hijrah.
Bermula dari suamiku yang lebih dahulu belajar tentang ilmu agama, aku sebagai istri juga harus mengimbangi agar kami kelak bisa terus bersama sampai ke surga. Aamiin.
Momen #AyoHijrah pertamaku adalah ketika aku mulai memperbaiki caraku berpakaian agar lebih sesuai dengan syariat agama Islam.

Sumber : Instagram @amberlyn.id

Awalnya sulit untuk selalu meninggalkan celana panjang dan menggantinya dengan gamis, kemudian harus memakai kaus kaki saat akan ke luar rumah. Tapi aku harus berani lebih baik sehingga aku terus memohon kepada Allah Subhanahuwata'ala untuk menguatkan hatiku menjalani proses hijrah ini.

Belajar lebih banyak lagi, akhirnya aku sampai pada kajian yang membahas tentang bahaya riba.
Jujur, saat itu aku masih agak sulit untuk menerima bahwa banyak hal yang aku lakukan terkait keuangan ternyata bersinggungan dengan riba. Apalagi ketika mendengar kajian tentang dosa riba, sungguh membuat hati dan pikiranku berkecamuk. Betapa tidak, riba adalah perbuatan yang langsung diperangi oleh Allah Subhanahuwata'ala dan Rasulnya, sebagaimana tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 279 :
"Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.”

Sumber : pinterest 

Aku masih tidak percaya mengapa baru di usiaku yang sudah 30 tahun ini aku mengetahui tentang riba dan bahayanya.
Aku dan suami segera berbenah.
Kami membatalkan pengajuan KPR yang sempat kami lakukan, dan langsung menjual rumah yang terlanjur kami bayar DP nya.
Aku langsung menutup kartu kredit dengan fasilitas tanpa biaya tahunan.
Aku juga menyudahi kontrak dengan pihak asuransi yang sudah lumayan lama aku bayar preminya.
Semua aku lakukan semata karena aku takut akan dosa yang mengancam jika aku terus melaksanakan praktek ribawi.
Semoga Allah Subhanahuwata'ala selalu melindungi aku dan keluargaku dari bahaya riba. Aamiin


Mengenal Bank Muamalat Indonesia
Sumber : google

Semakin sadar akan bahaya riba, aku mulai mencari-cari lembaga keuangan yang bisa membantuku terhindar dari praktik ribawi.
Berkenalanlah aku dengan Bank Muamalat Indonesia.
Bank dengan dominasi warna ungu ini didirikan pada tanggal 1 November 1991 dan merupakan bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah islam dalam menjalankan operasionalnya.

Ada beberapa akad perbankan syariah yang diterapkan oleh Bank Muamalat Indonesia dalam operasionalnya, antara lain :

Sumber : pribadi

Untuk penjelasan rinci tentang masing-masing akad di atas, bisa langsung cek di situs resminya Bank Muamalat Indonesia ya gengs :)

Produk pendanaan di Bank Muamalat Indonesia ada yang menggunakan prinsip Wadi'ah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil). Ini pas banget untuk aku yang sedang belajar menghindari riba, maka dari itu suami memutuskan untuk membuka rekening di Bank Muamalat Indonesia dan memilih menggunakan akad Wadi'ah.

Untuk kalian yang ingin membuka rekening di Bank Muamalat Indonesia, kalian tidak perlu khawatir kesulitan menemukan lokasi banknya, karena hingga saat ini sudah ada 325 kantor layanan termasuk 1 kantor di Malaysia, yang operasionalnya didukung oleh 710 unit ATM Muamalat, 120.000 jaringan ATM Bersama dan ATM Prima serta 11.000 jaringan ATM di Malaysia melalui Malaysia Electronic Payments (MEPS).
Terus, kenapa harus pilih Bank Muamalat Indonesia? Kan banyak yaa bank syariah yang lain..I'll tell you why :
  • Bank Muamalat Indonesia adalah bank pertama murni syariah di Indonesia
  • Bank Muamalat Indonesia tidak menginduk kepada bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariahnya
  • Pengelolaan dana di Bank Muamalat Indonesia didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah
  • Bank Muamalat Indonesia memiliki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat, dan jaringan Atm Dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.


#AyoHijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia
Sumber : Twitter Bank Muamalat

Sejak 8 Oktober 2018, Bank Muamalat Indonesia mempunyai sebuah kampanye baru yang dinamakan #AyoHijrah.
Melalui kampanye ini, Bank Muamalat Indonesia mencoba untuk memperluas fungsi, dari hanya sekedar penyedia layanan perbankan syariah, menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus memperbaiki diri tidak hanya dari segi ibadah tapi juga pada sisi pengelolaan keuangan.
Harapannya adalah banyak masyarakat yang mulai berpindah ke layanan perbankan syariah agar hidupnya lebih berkah.
Masyarakat Indonesia kan mayoritas muslim, maka Bank Muamalat Indonesia bertujuan untuk menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah dengan jumlah penduduk muslim tersebut. MasyaAllah mulia sekali ya tujuan dari kampanye #AyoHijrah ini.

Sumber : Instagram @bank.muamalat


Melalui berbagai bentuk kampanye yang dilakukan, Bank Muamalat Indonesia berusaha mengajak seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kualitas diri ke arah yang lebih baik dan sesuai dengan ajaran islam secara kaffah, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah.
Dikutip dari situs resmi Bank Muamalat Indonesia, ada beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain sebagai berikut :
  • Seminar / edukasi tentang perbankan syariah
  • Open booth di pusat kegiatan masyarakat
  • Kajian islami dengan narasumber dari kalangan ulama
  • Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan syariah


Dengan diadakannya kampanye #AyoHijrah ini, Bank Muamalat Indonesia bercita-cita untuk menjadi pusat Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.


Guna mendukung kampanye #AyoHijrah ini, Bank Muamalat Indonesia juga memberikan nama baru untuk produk-produk layanan mereka, yaitu :
  • Tabungan iB Hijrah
  • Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
  • Tabungan iB Hijrah Rencana
  • Tabungan iB Hijrah Prima
  • Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
  • Deposito iB Hijrah
  • Giro iB Hijrah
  • Pembiayaan rumah iB Hijrah Angsuran Super Murah dan Fix and Fix (masih dalam proses pengajuan kepada regulator/OJK)


Pengalaman Menjadi Nasabah Bank Muamalat Indonesia
Gimana, keren banget kan Bank Muamalat Indonesia?
MasyaAllah cita-cita yang ingin dicapai sangat mulia, semoga Allah Subhanahuwata'ala meridhoi dan memudahkan untuk mencapainya.
Makanya, yuk kita dukung supaya cita-cita itu bisa terwujud. Cara termudah, kita mulai dengan memindahkan tabungan kita ke Bank Muamalat Indonesia, bisa pilih mana yang sesuai dengan kita, akad Wadiah atau Mudharabah.

Sumber : Twitter Bank Muamalat

Untuk pembukaan rekeningnya mudah kok, waktu itu suami hanya datang ke kantor cabang terdekat, lalu mengisi formulir yang disediakan.
Kalau misalnya belum membawa syarat yang diperlukan, formulirnya boleh dibawa pulang untuk dipelajari, kemudian nanti kembali ke kantor cabang setelah persyaratannya terpenuhi.
Tapi maaf, aku agak lupa syaratnya apa aja, kalau ga salah hanya fotokopi KTP saja, berhubung suami bukan KTP daerah sini, maka diminta untuk menyertakan surat keterangan domisili.

Para customer service di Bank Muamalat Indonesia sangat ramah dan membantu banget dalam setiap tahap pembukaan rekening.
Bahkan, aku yang ikut mendampingi dan ikut bawel tanya-tanya soal layanan perbankan lainnya, tetap dilayani dengan ramah.
Security juga sigap membantu, inget banget pas buka rekening ke sana sambil gendong anak kemudian anakku rewel. Aku mencoba untuk keluar kantor supaya si kecil tidak mengganggu nasabah lain, dan security sigap membukakan pintu kemudian menemani aku di depan kantor cabangnya.


Demikian yang bisa aku ceritakan tentang Bank Muamalat Indonesia dan kampanye terbarunya #AyoHijrah
Semoga tulisanku membawa manfaat yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar