Halaman

4.1.20

Temukan Cara Belajarmu

Bismillah

Ga kerasa, sudah masuk pekan ketiga belajar di kelas Bunda Cekatan. Dan jujur, buat aku yang sebetulnya tidak terlalu suka mengorek-ngorek ke dalam diri, kelas ini lumayan bikin aku gedek sama tugasnya hehe.
Tapi, komitmen dan konsistensi aku sungguh diuji di sini, maka dengan segala keterbatasan aku berusaha untuk menyelesaikan permainan demi permainan yang disajikan tiap minggunya.


Pekan ketiga ini kami ditugaskan untuk mencari telur orange, yaitu menemukan cara belajar yang paling sesuai dengan diri kami masing-masing.
Awalnya aku bingung, apalagi belum bisa mendengarkan dongeng pengantar materi dari Bu Septi. Setelah mendengar pun, masih bingung, takut salah, dan lain sebagainya. Sampai akhirnya aku ingat pesan di pekan pertama, bahwa di kelas ini kami mengusung konsep Merdeka Belajar. Maka tidak ada yang salah, karena sejatinya itulah proses belajar, revisi terus menerus sepanjang hidup agar selalu menjadi lebih baik di setiap harinya.

Source : pribadi

Telur merah yang aku tentukan di pekan kedua adalah time management, priority making, dan anger management. Inilah tiga keterampilan yang aku rasa perlu lebih aku dalami hingga tahap mahir demi memperkuat kebahagiaan yang kupilih di telur hijau.

Maka di pekan ketiga, aku ditugaskan untuk mencari ilmu-ilmu apa saja yang harus aku pelajari agar aku bisa sampai di tahap mahir pada keterampilan tersebut.

Sebelum sampai ke tahap pencarian ilmu, aku ditugaskan untuk mencari alasan terkuat kenapa aku harus mahir pada keterampilan itu. Hasil pemikiran sudah aku tuliskan pada gambar di atas.
Sumber belajar pun perlu ditentukan. Dengan segala keterbatasan yang aku miliki sekarang, baik secara waktu maupun mobilitas, maka sumber ilmu yang kurasa paling bisa memenuhi adalah buku dan internet.
Kemudian aku menggali lagi kira-kira cara belajar seperti apa yang paling sesuai dengan diri aku, supaya aku bisa enjoy dalam setiap proses belajar. Menurutku, saat ini cara belajar paling efektif buatku adalah dengan membaca/mendengar (langsung maupun dari internet) kemudian aku catat, lalu aku baca ulang sebelum praktek. Setelah praktek, aku harus share hasil yang aku dapatkan kepada orang lain. 

Source: pribadi
Saat aku sedang membuat daftar ilmu yang sekiranya kubutuhkan (ada di gambar sebelumnya), lalu terlintas bahwa ternyata semua ilmu itu bisa langsung aku praktekan dengan cara membuat jurnal.
Di dalam jurnal, aku bisa membuat jadwal harian/mingguan/bulanan/tahunan,  menentukan tujuan yang ingin aku capai dalam tenggat waktu tertentu, membuat prioritas kegiatan, menuliskan apa yang sedang aku rasakan guna melepaskan emosi yang tidak bermanfaat, bahkan aku bisa mulai belajar membuat anggaran rumah tangga.

Maka, akhirnya aku memutuskan untuk memilih telur orange dengan judul journaling. Ilmu inilah yang akan aku dalami dalam kelas Bunda Cekatan ini, tentu dengan turunan ilmu yang sudah aku jelaskan sebelumnya. 
Semoga jika aku konsisten mendalami dan mempraktekkan ilmu ini, maka aku bisa terampil dalam telur merah yang sudah aku pilih, hingga kebahagiaan di telur hijau bisa lebih kuat lagi.

Doakan aku yaa :)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar