Halaman

1.3.20

Jurnal #7 Kelas Ulat - Bongkar Isi Keranjangmu

Bismillah


Masuk pekan ke-7, para mahasiswa bunda cekatan diminta untuk rehat sejenak di pinggir danau, untuk membuka keranjang ilmu yang sudah didapat kemudian merefleksi perjalanan belajarnya selama ini. 
Sungguh kelas ini adalah sebuah perjalanan mencari kebahagiaan yang cukup menantang dan melelahkan buat aku pribadi. 
Mari kita mulai membongkar keranjang ilmu dengan kembali menggelar peta belajar yang sudah dibuat di awal perjalanan.
Menengok kembali peta belajar, memang sepertinya ilmu yang pada akhirnya kulahap tidak benar-benar persis sama dengan yang aku tuliskan, namun masih berada dalam jenis ilmu yang sama.

Scheduling
Di peta belajar, topik ini yang aku tuliskan sebagai ilmu yang ingin aku pelajari. Sub topiknya adalah jam online dan kandang waktu (termasuk di dalamnya adalah tentang memasak cepat dan journaling). Dalam proses belajar, ilmu ini meluas menjadi manajemen waktu.
Makanan utama yang kulahap berkaitan dengan ilmu ini adalah:

  1. Bullet Journaling. Aku mendapat ilmu ini dari blog, Instagram, dan juga hasil diskusi di keluarga bujo bunda cekatan.
  2. Food preparation. Sumber ilmu yang aku dapat adalah dari potluck yang dibagikan dan juga dari kelas online Pawon yang aku ikuti.

Anger Management
Topik ini dalam perjalanan ulatku akhirnya berkembang menjadi manajemen emosi. Beberapa makanan yang aku lahap berkaitan dengan topik ini adalah:

  1. Innerchild. Sumber ilmu tentang sub topik ini aku dapatkan dari hasil diskusi di keluarga hallo innerchild bersama teh Shinta. Ada juga beberapa link ilmu yang dibagikan, tapi belum semua kulahap. Aku masih mempraktekkan tentang pembuatan lifeline guna mengidentifikasi trauma masa lalu.
  2. Self healing. Sumber ilmu aku dapat dari hasil diskusi tentang teknik sadar nafas bersama Mbak Echa, juga dari potluck yang sudah dibagikan di fbg. 
  3. Manajemen marah. Khusus topik ini, selain dari hasil diskusi di keluarga inside out, aku juga mengikuti kelas online di luar IP yang diselenggarakan oleh grow up mom bekerjasama dengan latihati.

Priority Making
Sejujurnya belum ada ilmu khusus yang aku pelajari untuk topik ini. Tapi, aku hanya berusaha sekuatnya untuk menahan hasrat melahap semua ilmu yang terhampar dan tetap fokus pada ilmu manajemen waktu dan manajemen emosi.

Setting Goals
Topik ini sama sekali belum aku sentuh sehingga belum ada makanan yang kulahap.

Kebahagiaan Suami
Berkaitan dengan topik ini, sesuai request suami aku diminta untuk memperdalam ilmu agama dengan mengikuti kelas online HSI. Ada juga potluck yang dibagikan di fbg yaitu tentang bagaimana tetap melayani suami dengan bahagia meskipun dalam keadaan lelah. 

MasyaAllah, ternyata sudah lumayan banyak juga ilmu yang kulahap berkaitan dengan makanan utama yang aku incar. Ada beberapa camilan yang aku lahap, beberapa kudapatkan dari go live, dan juga dari hadiah yang dibagikan oleh teman-teman bunda cekatan. 
Aku memfokuskan diri untuk melahap cemilan tentang pendidikan anak. 

Dari perjalanan selama 7 pekan, ada refleksi yang bisa kusampaikan
Source: pribadi 

Di kelas Bunda cekatan ini, ternyata hal utama yang aku pelajari selain konsistensi adalah beratnya menahan nafsu untuk melahap semua ilmu yang tersaji. 
Mantra menarik tapi tidak tertarik berkali-kali aku ulang dalan hati agar aku bisa tetap on track dalam perjalanan ini.
Meskipun memang proses belajar belum maksimal karena berbagai keterbatasan pribadi, tapi banyak hikmah yang aku dapat selama perjalanan ulat gemas ini.
Semoga Allah selalu meluruskan niat dan memberkahi perjalanan mencari ilmu ini.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar