Halaman

3.6.19

Kisah Pasukan Gajah

Bismillah.
Kisah ini merupakan tafsir dari surat Al Fiil ayat 1-5. Bercerita tentang pasukan gajah yang ingin menghancurkan rumah Allah (Ka'bah). 


Dalam surat Al Fiil Allah Subhanahuwata'ala berfirman :
"Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).” (QS. Al Fiil: 1-5).

Surat ini mengisahkan tentang Abrahah, seorang raja di Yaman. Ia ingin agar ibadah haji dipindahkan dari Ka'bah ke Yaman. Ia sudah membangun sebuah tempat yang menurutnya lebih bagus dari Ka'bah. 
Akan tetapi rencananya tidak berhasil. Orang-orang tetap saja pergi ke Ka'bah untuk menunaikan ibadah haji.
Abrahah murka dan berencana akan menghancurkan Ka'bah.

Kemudian Abrahah mengirimkan pasukan gajah ke Mekah untuk menghancurkan Ka'bah. Orang Mekah tidak mempunyai persiapan apapun menghadapi pasukan gajah hingga mereka takut dan hanya bersembunyi di dalam rumah.
Lalu Allah Subhanahuwata'ala mengirimkan pasukan burung yang datang secara berkelompok. Burung ini membawa batu yang berasal dari tanah yang dibakar kemudian digunakan untuk melawan pasukan gajah. 
Digempur oleh pasukan burung, akhirnya pasukan gajah hancur seperti daun yang terinjak-injak. 
Allah Subhanahuwata'ala memberikan pertolongan melalui burung-burung tersebut untuk mempertahankan Ka'bah. 

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar