Halaman

30.10.18

Membangun Kebiasaan Baik

Assalamu'alaikum semuanyaa 💕


Alhamdulillah memasuki hari ke-7 dalam tantangan 10 hari menulis dari Rumbel Literasi Media Ibu Profesional Semarang. Meskipun tertatih-tatih, akhirnya sampai juga di hari ke-7 dengan sub tema Disiplin.


Sub tema yang sangat menohok karena dalam penulisan tantangan ini saja aku sudah tidak disiplin waktu 😣
Berbicara soal disiplin, aku sebetulnya bisa dikatakan tergolong orang yang sangat disiplin apalagi jika berkaitan dengan masalah peraturan.
Aku masih ingat saat usia sekolah, mamahku selalu berkata bahwa salah satu ciri anak baik itu adalah yang baju sekolahnya rapi dan tidak pernah keluar dari roknya. 
Aturan lisan dari mamahku ini disiplin aku praktikkan sampai aku selesai SMA, aku selalu berpakaian rapi dengan kemeja masuk ke dalam rok, meskipun saat itu sedang tren kemeja sekolah yang dikeluarkan. 

Memasuki saat perkuliahan, akupun disiplin dalam kehadiran. Hampir tidak pernah aku bolos apalagi titip absen kecuali memang dalam kondisi yang mendesak.
Hal ini kadang membuat temanku sebal, karena pernah suatu ketika aku diajak bolos oleh temanku dalam satu mata kuliah, dan yang terjadi adalah aku malah merasa gusar sepanjang bolos dan membuat suasana bolos menjadi tidak nyaman 😝

Menurutku, disiplin ini sangat penting untuk bisa diterapkan menjadi kebiasaan sehari-hari. Banyak hal baik yang akan menjadi implikasi jika kita terbiasa menerapkan disiplin.
Contoh paling sederhana yang sangat terasa bagi aku sebagai ibu dan istri saat ini, ketika aku terbiasa disiplin mematuhi kandang waktu kegiatan sehari-hari, maka insyaAllah seluruh kegiatan akan bisa terlaksana dan membuat suasana hati menjadi bahagia. 
Lain halnya jika aku mulai longgar terhadap kandang waktu yang sudah aku tetapkan, maka akan banyak kegiatan yang tidak terlaksana, dan akhirnya membuat suasana hati menjadi buruk sepanjang hari. 

Memang tidak mudah untuk bisa terbiasa disiplin, perlu latihan yang mungkin memakan waktu yang sangat lama. 
Sebagai wanita, menurutku sangat penting untuk mempunyai kebiasaan disiplin, karena kebiasaan ini akan kita terapkan di dalam rumah dan tentu bisa menjadi kebiasaan baik yang akan kita wariskan kepada keluarga terutama anak-anak kita.
Terdengar sederhana, tapi mari bayangkan jika setiap ibu di rumah bisa menerapkan disiplin dan menjadi kebiasaan bagi anak-anaknya, insyaaAllah dunia akan menjadi tempat yang lebih baik karena akan dipenuhi oleh manusia-manusia yang penuh kedisiplinan. 

Tugas menjadi orang tua memang tidak mudah, segala hal yang kita bangun di dalam rumah pasti akan terbawa oleh anak-anak kita ke dunia luar. 
Maka mari pastikan diri kita sudah mempunyai kebiasaan yang baik, agar suasana rumah pun menjadi baik, sehingga anak-anak kita hanya akan membawa hal baik ke dunia luar.

Hatur nuhun udah baca 💕

#wanita&pena
#day07
#rumbelLiterasiMedia

1 komentar:

  1. Bener banget teh...paling sulit itu istiqomah patuh sama kandang waktu...jatuh bangun emg buat disiplin..tapi proses nggak akan dikhianati hasil kan ya

    BalasHapus