Halaman

26.10.18

Rencana Yang Belum Terlaksana

Assalamu'alaikum semuanyaa 💕

Memasuki hari ke-4 dalam Tantangan 10 Hari dari Rumbel Literasi Media Ibu Profesional Semarang. Kali ini subtema nya lumayan bikin aku mikir banget, yaitu Portofolio.


Aku sampai harus browsing tentang pengertian portofolio karena sepemahamanku portofolio adalah sekumpulan karya seseorang. Sementara aku merasa bahwa aku belum punya karya.
Tapi ternyata, hasil browsing malah membuatku tambah pusing 😝
Mari kita lihat arti kata portofolio menurut KBBI : 
por·to·fo·lio n 1 tas untuk surat-surat; sampul kulit; 2dompet; 3 ki pimpinan departemen
Hmm..apakah aku harus membuat tulisan bertemakan tas, dompet, atau malah tentang pimpinan departemen?
Sebelum makin pusing, aku beralih ke Wikipedia. Yuk kita lihat apa sih pengertian portofolio menurut Wikipedia :
Istilah portofolio dipakai dalam kegiatan yang menyangkut sejumlah bidang kegiatan yang masing-masing memiliki arti cukup berbeda. 
Dalam dunia keuangan, "portfolio" digunakan untuk menyebutkan kumpulan investasi yang dimiliki oleh institusi ataupun perorangan. 
Dalam manajemen strategis dan pemasaran, istilah portfolio digunakan untuk menunjukkan sekumpulan produk, proyek, layanan jasa atau merk yang ditawarkan untuk dijual oleh suatu perusahaan.
Portfolio dalam dunia pendidikan adalah merupakan sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian prestasi seseorang dalam pendidikannya.
Nah, pengertian dari Wikipedia ini lumayan nyangkut sama konsep portofolio yang selama ini aku pahami.
Jadi misal kita bekerja sebagai model, arsitek, atau penulis maka ketika kita akan melamar sebuah pekerjaan baru, kita pasti akan mengumpulkan portofolio berupa hasil kerja kita sebelumnya. Bisa berupa foto, gambar, atau hasil tulisan.

Tadinya, konsep blog ini ingin aku jadikan semacam portofolio kehidupan pernikahanku, termasuk di dalamnya adalah tumbuh kembang anak-anakku.
Tapi, ternyata musuh utama yaitu rasa malas dan inkonsistensi akhirnya membuat isi blog ini sampai sekarang masih campur aduk dan belum mempunyai tema khusus seperti yang direncanakan. 

Lalu apakah anakku punya portofolio?
Sampai saat ini, sayangnya aku belum membuat jurnal khusus tentang tumbuh kembangnya. Padahal jika jurnal itu dikumpulkan pasti bisa menjadi sebuah portofolio yang akan berguna untuknya kelak.
Portofolio anakku saat ini masih dalam bentuk memori yang melekat di hati dan pikiranku, yang semoga suatu saat bisa aku tuangkan dalam bentuk portofolio yang rapi dan runut sesuai tumbuh kembangnya. 

Sewaktu hamil anak pertama sebetulnya aku punya mimpi, aku ingin ketika anakku lahir dia sudah mempunyai akun email sendiri menggunakan namanya. 
Kemudian setiap bulan akan aku kirimkan email berisi perkembangan dan foto-fotonya. 
Nanti jika ia sudah berusia 17th, akan aku berikan password email tersebut untuk kemudian ia baca sendiri setiap email yang sudah aku kirimkan.
Sayangnya, hal itu belum bisa terlaksana bahkan sampai sekarang aku sedang hamil anak kedua 😣
Rasa malas memang menghancurkan segala rencana yang sudah aku susun sedemikian rupa.

Semoga aku bisa terus memperbaiki diriku dan bisa membuat serta menyimpan portofolio anak-anakku dengan lebih baik lagi. 

Hatur nuhun udah baca 💕

#wanita&pena
#day04
#rumbelLiterasiMedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar