Halaman

18.9.19

Menuju 5 tahun pernikahan

Bismillah


Rasanya baru kemarin aku sibuk luar biasa nyiapin pernikahan. Ternyata Alhamdulillah bulan depan adalah tahun ke-5 aku berubah status KTP dari belum kawin menjadi kawin. 

5 tahun pertama perkawinan katanya kaya uji coba. Kalo bisa lulus segala ujiannya, insyaAllah ke depannya bisa lancar juga. Benarkah?


Setiap perempuan pasti punya lah ya, angan-angan pengen nikah dengan nuansa yang kaya gimana. Termasuk detail undangan, souvenir, sampe jenis hidangan yang ada di acara resepsi pun biasanya detail banget dipikirin.

Akupun dulu begitu.
Aku sampe beli tuh buku wedding planner yang isinya lengkap banget buat nyatet segala hal tentang persiapan pernikahan dari mulai budgeting, list vendor, sampe list undangan pun ada. Tapi ya ujung2nya cuma dibeli aja siy, dipakenya mah ga maksimal haha
Belum lagi aku rajin bacain blog tentang persiapan pernikahan buat nyontek ide desain undangan dan ide souvenir. Buka pinterest mah udah pasti. Layak lah aku menyandang gelar  bridezilla pada waktu itu.

Kalo kurang ilmu ya begitulah ya, yang dipikirin cuma buat sehari resepsi, tapi aku ga belajar tentang gimana cara jalanin hari-hari setelah resepsi itu huhu. 
Dipikir lagi sekarang, uang yang dulu buat gelar resepsi sehari doang itu bisa banget buat tabungan nyicil beli rumah. 
Bukannya menyesal, uang resepsi pun Alhamdulillah hasil jerih payah aku sendiri jadi ga terlalu nyusahin orang tua. Pada saat resepsi pun aku luar biasa bahagia karena hampir semua teman dan saudara yang diundang menyempatkan hadir di acara aku. 
Tapi aku banyak belajar, dan introspeksi bahwa masih banyak hal yang dilakukan di resepsi aku dulu ternyata melanggar syariat, seperti aku yang diriasnya lumayan menor, bajunya ga syar'i, ada musik, tamu undangan pun dicampur, dan ketersediaan kursi yang sedikit sehingga ada sebagian tamu yang makan minum sambil berdiri :(
Astaghfirullahal'adzim 

Jadi gimana 5 tahun pertama?hehe
Alhamdulillah semua baik-baik saja. Tentunya banyak berantemnya juga ya, terutama dulu di awal-awal pernikahan.
Subhanallah, menyatukan dua pribadi yang masing-masing dibesarkan dengan pola asuh yang berbeda ternyata butuh effort yang sungguh luar biasa. 

Tahun Pertama
Aku menikah bulan Oktober 2014. Karena satu perusahaan dengan suami, maka memang sudah direncanakan aku akan resign tak berapa lama setelah menikah. 
Sempat menjalani LDM Magelang-Semarang selama beberapa bulan sebelum akhirnya di bulan Februari 2015 aku sudah resign dan ikut suami menetap di Semarang sampai saat ini. 

Alhamdulillah, selang satu bulan menikah aku langsung dinyatakan hamil oleh dokter. Kondisi ruangan kantor di lantai 2 menyebabkan aku harus naik turun tangga dan akhirnya sempat sedikit pendarahan di usia kandungan 7 Minggu.
Inget banget gimana paniknya suami pas aku telpon kalo aku pendarahan dan lagi otw ke dokter kandungan. Karena aku ga pegang hape pas periksa, dia sampe telpon ke klinik dokternya untuk mastiin kalo aku dan bayi baik-baik aja. Terharunyaa haha..maklum ya masih pengantin baru.

Pertama kali serumah, dalam kondisi hamil muda yang segala dibilang bau, sering banget berantem perkara sepele kaya perbedaan milih pewangi lantai 😅
Sering juga nangis karena ngerasa "ko gini amat siy jadi istri, kayanya ko harus ngalah terus sama suami" yang berujung pada pemikiran ingin pergi aja kabur dari rumah.

Tapi dari situ aku sama suami malah jadi belajar ilmu agama khususnya tentang hubungan antara suami dan istri. 
Aku jadi paham bahwa biar bagaimanapun, suami adalah pemimpin rumah tangga, dan aku sebagai istri harus patuh meskipun kadang ga sesuai sama kata hati aku. 
Suamipun belajar gimana caranya negur aku dengan cara yang lebih halus kalo pas aku ngelakuin kesalahan.

Tentu ga langsung tokcer gitu aja yaa. Tahun pertama ini kayanya tahun yang paling penuh dengan air mata deh. 
Tapi juga jadi salah satu titik di hidup aku yang bikin aku menyadari bahwa skenario Allah Subhanahuwata'ala itu udah pasti indah dan terbaik untuk hamba-Nya. 

Contoh sederhananya, banyak pihak yang mempertanyakan kenapa harus aku yang resign dari pekerjaan aku. Padahal secara penghasilan dan gengsi, pekerjaan aku itu lumayan bikin ngiler banyak pencari kerja di luaran. Detail alasan kenapa aku resign bisa dibaca di postingan ini.
Di tahun pertama yang penuh air mata ini, aku ngerasa kalo emang resign adalah jalan terbaik buat aku dan suami. Di tengah pikiran untuk kabur minggat setiap berantem, pasti aku kepikiran hal-hal kaya "nanti kalo sampe pisah gimana, aku kan udah ga kerja". 
Kalo dulu posisinya masih kerja dan punya penghasilan sendiri, mungkin pikirannya akan lebih pendek dan terlalu cepat memutuskan pisah setiap berantem. 

Tahun Kedua
Alhamdulillah di tahun kedua pernikahan sudah hadir malaikat kecil pertama kami. Jadi di tahun ini aku dan suami disibukkan dengan urusan si kecil. 

Awal kelahiran anak kami Bibah, aku sempet agak baby blues akibat asi yang belum lancar dan menyebabkan Bibah harus melakukan fototerapi selama 2 hari di RS. Nangis bombay banget waktu itu, padahal anaknya cuma bobo aja sambil dikasi sinar biru hehe. 
Aku sempet meledak nangis marah-marah sepulang dari RS karena ketakutan asi ga akan cukup buat anakku T.T
Alhamdulillah suami sabar, dan mau bantu urus anak, gantian gendong kalo Bibah kebangun malem-malem, jadi baby blues nya ga berkepanjangan. 

Tahun kedua ini mulai kepikiran pengen punya rumah sendiri. Cari-cari info perumahan yang sekiranya terjangkau. Udah sempet ambil satu unit, tapi kemudian aku dan suami belajar tentang riba dan akhirnya memutuskan untuk melepas rumah itu dan kembali ngontrak dulu sampai dimampukan Allah Subhanahuwata'ala membeli rumah tanpa riba. Doakan yaa :)

Tahun Ketiga
Highlight tahun ketiga yang aku inget banget adalah, aku sama suami Alhamdulillah bisa beli mobil pertama kami. Bukan mobil baru, tapi mobil Opel Blazer tahun 1997 warna hijau army. Mobil ini ternyata sama-sama jadi mobil impian kita, makanya seneng banget akhirnya bisa punya dan pake mobil ini kemana-mana. Qadarullah karena mobil tua, banyak banget yang harus direparasi, dan harga sparepart nya lumayan tinggi, akhirnya kita sepakat buat jual lagi mobil itu.  

Di tahun ini juga Alhamdulillah suami berkesempatan untuk berangkat umroh. Aku tadinya mau ikut, tapi aku berat ninggalin Bibah yang saat itu belum genap 2 tahun, masih bergantung banget sama asi. Doakan ya, semoga nanti kami bisa pergi ke tanah suci bersama-sama :)

Tahun Keempat
Komunikasi dengan suami semakin membaik di tahun ini. Karena aku sudah lebih mengenal karakternya, dan kami juga mulai menemukan pola komunikasi yang pas bagi kami berdua.

Yang jelas, pillow talk sangat membantu terbukanya kami sebagai suami istri. Bahkan di tahun ini, ada satu kejadian saat acara resepsi dulu yang baru berani diceritakan suami kepadaku.

Bonus dari Allah Subhanahuwata'ala di tahun ini adalah kehamilan kedua. Alhamdulillah meskipun awalnya sempat merasa cemas, aku bisa menjalani kehamilan dengan lancar, dan anak kedua lahir dengan sehat dan selamat di awal tahun 2019 ini. 

Tahun Kelima
Saat ini, aku dan suami sedang berusaha menemukan ritme yang pas menjalani hari dengan dua anak kecil amanah Allah Subhanahuwata'ala. 

Jujur ini memang sangat tidak mudah. Jam tidur yang sudah jelas sangat terganggu, menyebabkan emosi lumayan sering meninggi dan anak pertama sering menjadi korban bentakan pelampiasan emosi. Sedih rasanya setiap habis memarahi anak. Rasanya percuma kelas parenting yang sudah kuikuti ternyata tak bisa kupraktekkan dengan baik. 

Lima tahun pertama pernikahan memang rasanya masih singkat. Dan dalam kurun waktu lima tahun pun, aku merasa belum bisa sepenuhnya mengenal karakter suami.
Betul apa yang pernah dikatakan seniorku dulu di kantor, bahwa pernikahan adalah proses perkenalan yang sebenarnya. Dan itu berlangsung sepanjang hidup. 
Maka yakinlah bahwa pernikahan memang bentuk ibadah paling lama. Jadikan pernikahan sebagai ajang untuk terus memperbaiki diri dan juga keluarga. Jadikan suami/istri kita partner untuk bersama menggapai ridho Allah dan menuju jannah-Nya kelak. 

Mohon doanya, semoga keluargaku bisa menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh 💕

Tidak ada komentar:

Posting Komentar