Halaman

8.9.19

Ikhtiar agar terlepas dari garis merah GC

Bismillah

Time do fly so fast ya kerasanya kadang-kadang.

Rasanya baru kemarin melahirkan anak kedua di bulan Februari, tau-tau sekarang sudah mulai masuk bulan September. Maiza Alhamdulillah sudah 6 bulan, dan sudah mulai memasuki fase MPASI.

Sejujurnya, fase MPASI ini lumayan bikin aku panik karena pengalaman MPASI Bibah yang sungguh penuh drama. 
Dan seluruh drama selama kurang lebih 4 tahun ini mulai menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan hiks.
Maka, di bulan September ini aku punya sebuah harapan yang sangat aku usahakan agar bisa tercapai di akhir bulan nanti. 

Source : weheartit.com
Jadi, sudah dari sejak awal fase MPASI, Bibah ga pernah nunjukin ketertarikan setiap waktunya makan. Selalu susah makan. GTM berkepanjangan.
Dulu awal kupikir mungkin masih proses belajar, pasti butuh adaptasi sampai akhirnya bisa mulai menikmati proses makan.
Dari yang awalnya semangat bikin kreasi menu, sampai ada momen dimana aku sangat frustasi sampai lempar sendok dan piring makan Bibah karena bener-bener ga ada mangapnya sama sekali 😭

Layaknya buibu baru lainnya, aku lumayan concern soal tumbuh kembang anakku. Waktu Bibah dulu, rajin banget aku ngeplot BB dan juga TB nya di aplikasi untuk mantau pertumbuhannya. 
Tapi sejak MPASI itu, aku mulai males karena grafiknya stagnan dan aku malah jadi stres mikirin gimana caranya supaya Bibah mau makan.

Long story short, di usia 1,5 tahun akhirnya aku memaksakan diri untuk meriksain bibah ke dokter spesialis anak. 
Ada beberapa dokter anak di Semarang yang aku datengin, ini coba aku tuliskan yang menurutku relatable sama harapan yang ingin aku wujudkan di bulan ini yaa..

Dr. dr. Mexitalia Setiawati,Sp.A(K) di RS Hermina Pandanaran
Dapet info tentang dokter ini dari hasil browsing di forum buibu di internet. Beliau fokus di gizi anak, jadi aku merasa tepat nih kayanya konsultasi permasalahan makan Bibah dengan beliau.
Jam prakteknya dulu itu pagi banget, jadi aku harus turun gunung dari Mijen ke Pandanaran dan lumayan riweuh juga karena Bibah dulu sangat susah bangun pagi.
Saat itu Bibah 1,5 tahun dan BB nya 8,4kg padahal menurut dokternya BB ideal di usianya adalah 10kg hiks. Dokternya ngomongnya agak tegas cenderung galak dan aku jadinya ciut buat konsultasi lebih lanjut haha.
Padahal, hasil konsultasinya ternyata emang jadi permasalahan mendasar buat semua anak yang baru mulai makan. 
Beliau ngasih aku kertas yang isinya adalah jadwal makan yang harus ditaati setiap harinya sampai terbentuk kebiasaan makan yang baik dan menyenangkan buat anak. 
Pulang dari dokter itu jadwal aku terapin, lumayan jalan 2 minggu Bibah membaik makannya tapi kemudian lasut lagi kembali ke awal males2an mangap hiks.


Dr. dr. Asri Purwanti, Sp.A(K) MPd di SMC RS Telogorejo
Konsultasi ke dr. Asri karena ada tetangga yang jadi segut alias lahap makannya setelah berobat ke beliau. 
Datang konsultasi, cerita blablabla semua usaha yang udah aku lakuin supaya Bibah mau makan. Kemudian beliau tanya "mau coba pake vitamin dulu atau langsung cek darah dll?"
Saat itu, usia bibah 2th dan BB nya 9kg aja. Takut semuanya terlambat, akhirnya aku minta dites lengkap darah, Rontgen, termasuk mantoux. 
Kesimpulannya, dokter tegak diagnosa TB paru dan harus berobat 6 bulan. Sempat ada di fase denial, karena menurutku hasil scoringnya ga sampe 6 dan juga ga ditemukan siapa yang menularkan (padahal ini kayanya faktor utama deh kalau di diagnosa TB anak). 
Tapi, diskusi sama suami, bawel tanya2 dokter soal dosis obat dan efek samping buat anak, akhirnya bismillah memutuskan untuk terapi TB selama 6 bulan. 
Setelah selesai, dinyatakan sembuh dan BB berhasil naik jadi 10,5kg. Alhamdulillah.
Tapi semangat makan tetep ga ada, Bibah masih harus dipaksa setiap waktunya makan.


dr Farid Agung Rahmadi, Sp.A, M.Si.Med di RS Columbia Asia Semarang
dr. Farid ini sebetulnya dokter Bibah dari bayi. Fokusnya di tumbuh kembang dan sangat enak untuk diajak konsultasi. Bahkan konsultasi via WA pun beliau jawabnya enakeun dan ga bikin panik.
Lupa tepatnya di usia berapa konsul soal BB nya Bibah ke dr.farid, yang jelas awal konsul beliau menargetkan untuk minum susu Pediasure sebanyak 500cc dalam sehari. 
Aku yang kalo ditarget malah jadi panik, akhirnya beneran stres karena Bibah belum bisa diajak kerjasama minum susu. Boro-boro 500cc, segelas isi 200cc aja bisa seharian baru abis huhu.

Sebagai ibu, tentu aku sangat kepikiran soal pertumbuhannya Bibah. Apalagi kalau pas dia main dengan teman seusianya. Kentara banget dia itu lebih mungil dari temennya. 
Setelah belanja dokter sana sini itu, aku dan suami akhirnya sempet pasrah dan lumayan capek nyekokin Bibah minum susu, vitamin, dll tapi ko kayanya ga ada hasilnya. 
Sempat selow karena Alhamdulillah perkembangan kognitif dan aspek lainnya masih sesuai dengan usianya. Sampai akhirnya aku yang suka kepo berlebihan ini mulai baca-baca soal stunting. 

Kepikiran berhari-hari perihal stunting ini karena baca tentang efek jangka panjangnya yang lumayan bikin panik buibu beranak mungil hiks. 
Akhirnya kembali dateng konsultasi ke dr.farid. Di usianya yang 4th, BB nya Bibah 12,1kg dan TB nya 91cm (ini aku masih agak sangsi karena aku ukur sendiri sekitar 94cm). Dokter akhirnya bilang memang Bibah sudah termasuk kategori perawakan pendek, dan BB nya pun sudah ada di bawah garis merah GC (growth chart) 😭
Rasanya pengen banget nangis disitu juga, ko kayanya gagal jadi ibu, padahal 24jam setiap hari barengan Bibah tapi ko ga bisa bikin tumbuh kembangnya bibah jadi sesuai usianya huhu. 

Tapi kemudian dokter bilang, tubuh manusia itu unik. Allah Subhanahuwata'ala kasih keunikan itu. Jadi kita ga boleh berhenti usaha, insyaAllah masih bisa dikejar pertumbuhannya. 
Aku sempet sangat stres. Bahkan jadi berlebihan sampai ditegur sama suami karena seakan-akan aku ga pegangan sama Allah Subhanahuwata'ala. Memang dokter sudah berkata demikian, dan kita wajib mengusahakan. Tapi aku lupa bahwa Bibah itu milik Allah Subhanahuwata'ala dan Dia lah yang berhak menentukan Bibah akan tumbuh menjadi anak yang seperti apa. 

Maka, ini yang sedang aku ikhtiarkan sekarang selama bulan September ini, supaya nanti di akhir bulan harapannya BB Bibah bisa naik di atas garis merah GC :

  1. Tetapkan jadwal makan dan patuhi!
  2. Setiap jam makan hanya boleh 30 menit. Habis atau tidak segera sudahi
  3. Minum Pediasure target 800cc sehari
  4. Doa ga putus supaya Allah Subhanahuwata'ala berikan kelancaran atas semua ikhtiar ini dan hasilnya menggembirakan
  5. Kerja sama dengan semua orang di rumah supaya ikhtiar ini bisa terlaksana dengan baik
Alhamdulillah, sudah berjalan kurang lebih 2 Minggu, Bibah bisa diajak kerja sama. Mau minum Pediasure (yang kita sebut sebagai susu penambah kekuatan tinggi haha) dan juga mulai keliatan ada nafsu makannya.
Mohon doanya, semoga di akhir bulan nanti, harapanku bisa terkabul. Aamiin 

2 komentar:

  1. Semangat yah mba, doain aq smga bsa jg menjadi ibu yang tegar sprti kk 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin
      Sehat2 ya kehamilannya mbak, semoga lancar sampai persalinan :)

      Hapus