Halaman

30.5.19

Kisah Harut dan Marut

Bismillah 
Harut dan Marut adalah nama dua malaikat Allah yang disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 102. Ayat ini menceritakan tentang Nabi Sulaiman, setan, dan malaikat Harut Marut.


Perlu kita ketahui bersama, bahwa Allah Subhanahuwata'ala menciptakan malaikat dari cahaya dan unsur penciptaannya hanyalah sifat taqwa. Oleh karena itu, malaikat memiliki sifat taat secara sempurna kepada Allah Subhanahuwata'ala.

Allah Subhanahuwata'ala menciptakan malaikat dengan tugas khusus yang menyertainya masing-masing. Ada malaikat yang tugasnya menyampaikan wahyu, mencabut nyawa, dan tugas lain yang sudah ditentukan. 
Dan sudah menjadi hakikatnya bahwa malaikat akan terus setia melakukan tugas yang diperintahkan dari sejak ia diciptakan hingga nanti di akhir zaman. 

Tersebutlah kisah dua malaikat bernama Harut dan Marut. Mereka diberi tugas oleh Allah Subhanahuwata'ala untuk mengajarkan ilmu tertentu sebagai ujian bagi manusia. 
Sebelum mereka mengajarkan kepada manusia yang ingin mengetahui ilmu ini, mereka terlebih dahulu memperingatkan kepada manusia bahwa mereka diturunkan untuk menguji manusia melalui suatu ilmu, maka jangan sampai ilmu ini dipergunakan untuk hal-hal yang buruk. 
Namun ternyata, orang yang mempelajari ilmu ini kemudian diperdaya oleh setan, sehingga setan mengarahkannya menjadi ilmu sihir. Sejak saat itu, sihir diharamkan hingga hari kiamat kelak. 

Wallahu a'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar